Tips Mengatur Keuangan dari Bisnis Kecil

Belakangan ini ada banyak sekali orang yang memutuskan untuk mendirikan usaha atau bisnis dengan skala yang kecil. Namun sayang, banyak pula pelaku usaha yang ternyata gagal. Hal ini dikarenakan sukses tidaknya sebuah bisnis dikarenakan dan ditentukan dari cara kita yang mengelola. Kalau bisa mengelolanya dengan baik, maka bisnis akan bisa berjalan dengan lancar. Sebaliknya, kalau bisnis pengelolaannya buruk maka pasti akan kacau. Sebelum kalian berbisnis, ada baiknya kalian memperkuat dulu pemahaman mengenai teori bisnis, terutama mengenai cara mengelola keuangan yang baik dan benar.

1. Buat Anggaran Rutin

Buat Anggaran Rutin

Bukan Cuma mencatat keuangan, membuat anggaran maupun budgeting juga sangat penting di dalam bisnis. Budgeting ini tujuannya adalah untuk membatasi pengeluaran supaya tidak bengkak. Kalian lebih baik buat anggaran dengan teratur contohnya tiap minggu atau tiap bulan. Pisahkan juga pengeluaran berdasarkan kelompoknya. Pastikan semua kebutuhan di dalam bisnis kalian bisa dipenuhi.

2. Edukasi Diri

Edukasi Diri

Edukasi diri merupakan hal paling awal yang kalian lakukan saat kalian sedang mengelola keuangan usaha kalian. Cara yang dilakukan untuk mengedukasi diri ini bisa kalian lakukan dengan cara belajar membaca laporan keuangan. Dengan belajar cara untuk baca lapkeu ini, kalian setidaknya akan bisa menyimpulkan langkah apa yang akan kalian ambil untuk mengembangkan usaha kalian.

3. Buat Buku Catatan Keuangan

Buat Buku Catatan Keuangan

Keuangan di dalam bisnis sudah pasti harus selalu dicatat. Tujuannya adalah agar bisa mengawasi semua transaksi yang masuk serta keluar. Catatan ini juga bisa mengurangi risiko adanya pengeluaran yang tak wajar. Sekecil apapun usaha kalian. Setidaknya kalian harus menyediakan buku kas untuk mencatat uang yang masuk serta keluar dan jangan lupa buktinya ya. Catatan ini juga harus dibuat dengan rinci serta teratur agar membacanya juga lebih gampang dan lebih gampang dipahami.

4. Awasi Arus Kas

Awasi Arus Kas

Tujuan mengawasi ini adalah agar taka da kas yang bocor. Melakukannya mungkin tidak mudah karena perlu ketelitian yang tinggi. Kalian juga butuh dasar ilmu akuntansi supaya bisa lebih paham kas keuangan dengan baik. Tapi tak perlu khawatir karena sekarang ini kalian bisa menggunakan aplikasi untuk mencatatnya.

5. Lakukan Perencanaan

Lakukan Perencanaan

Perencanaan biasanya harus dilakukan sebelum kalian memulai sebuah usaha. Siapkanlah gambaran yang besar serta langkah awal yang akan kalian lakukan saat kalian merintis UMKM. Sesudah rencana besar itu dibuat, bagikanlah ke dalam beberapa bagian. Contohnya rencana harian, bulanan, serta mingguan. Dengan begitu, maka perkembangan usaha nantinya bisa jadi lebih terstruktur. Buatlah juga perencanaan yang detail ya.

Itulah berbagai tips mengelola keuangan untuk kalian yang baru membuka bisnis. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian pemilik bisnis.

Tips Mengatur Keuangan dari Bisnis Kecil