Tips Mengelola Keuangan Untuk Kalian Para Mahasiswa

Walau belum bekerja, sebagai mahasiswa kita pasti harus punya ilmu dalam mengelola keuangan. Karena, kita sudah ebsar dan kedepannya kita harus lebih pintar mengatur keuangan. Pernah gak sih mikir gimana ya cara orangtua kita bayar biaya kuliah kita yang mahal, bayar cicilan rumah, listrik, air, wifi, dan masih bisa berikan kita makan yang enak? Semua itu bisa mereka lakukan karena mereka sudah pintar mengatur keuangan mereka loh. Nah, sekarang coba bayangkan kamu ada di posisi mereka, belum tentu kamu bisa lakukan itu semua kan? Tapi tenang, dengan tips berikut kalian pasti bisa mengerti bagaimana cara orangtua melakukan itu semua. Yuk simak.

1. Buat Rencana Anggaran

Buat Rencana Anggaran

Aturlah dengan baik rencana anggaran kalian agar tidak besar pasak daripada tiang alias terlalu besar di pengeluaran. Jika pengeluaran lebih besar. Lihatlah apakah ada yang bisa kalian pangkas atau ada pengeluaran yang sebetulnya bukan kebutuhan tapi Cuma keinginan saja. Kalau masih belum cukup, tambahkan lagi sumber pendapatan kalian. Kalau rencana anggaran keuangan bisa kalian rancang dengan baik, segera patuhi anggaran itu dan jadikan pedoman dalam menggunakan uang.

2. Menabung

Menabung

Selalu prioritaskanlah tabungan di saat kita menerima uang. Baik dari orang tua maupun dari sanak keluarga lainnya yang memberikan kita yang untuk jajan. Tabungan yang kita prioritaskan akan sangat bermanfaat untuk kita di hari berikutnya nanti. Taungan yang rutin kita lakukan juga bisa dipakai untuk invest loh.

3. Tentukan Pengeluaran

Tentukan Pengeluaran

Setelah semua sumber pendapatan kalian catat, saat ini kalian harus mendata semua biaya yang harus kalian keluarkan dalam satu bulan. Hal – hal yang wajib ada baiknya kalian dahulukan misalnya bayar kos, uang transport, kuliah, makan, dan sebagainya.

4. Buat Pos Dana Cadangan

Buat Pos Dana Cadangan

Tabungan diperuntukkan untuk beberapa keperluan yang sudah kalian tetapkan sebelumnya misalnya membeli laptop atau printer lewat uang tabungan itu. Dana cadangan ini hanya untuk memenuhi maupun menutupi semua berbagai kebutuhan kalian yang mendesak. Misalnya kalau tiba – tiba motor rusak, at least kamu sudah punya dana cadangan untuk memperbaikinya.

5. Tentukan Berbagai Sumber Pemasukkan

Tentukan Berbagai Sumber Pemasukkan

Seagai seorang mahasiswa, orangtua biasanya akan memberikan kita support untuk biaya kuliah serta untuk uang jajan kita. Nah, manfaatkanlah sumber pemasukan tersebut. Di samping itu kalian harus bisa mulai belajar untuk melakukan usaha atau untuk kerja sampingan saat membantu orangtua kalian. Bentulah orangtua kalian agar mereka juga bisa mengalokasikan dana mereka ke tempat lain misalnya menyekolahkan adik kalian.

Itulah berbagai tips yang bisa kalian lakukan sebagai mahasiswa agar lebih pintar dalam mengatur keuangan. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat.

Tips Mengelola Keuangan Untuk Kalian Para Mahasiswa